Mentan Amran: Ketahanan Nasional Mustahil Tercapai Tanpa Swasembada Pangan

By Admin

Menteri Pertanian Ando Amran Sulaiman memberi penghargaan pada Dandim, Danrem dan Babinsa TNI 

nusakini.com - Swasembada pangan di Indonesia sangat vital, ketahanan nasional mustahil tercapai tanpa ketahanan pangan, dan tidak mungkin ketahanan pangan terwujud tanpa swasembada pangan, kata Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman.

Menurutnya, Pemerintah RI memberi apresiasi atas kontribusi TNI AD dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya keterlibatan 51.000 personel Bintara Pembinaan Desa (Babinsa) di seluruh Indonesia bekerjasama dengan penyuluh pertanian lapangan (PPL), mahasiswa, dan dosen untuk mendorong petani menanam untuk meningkatkan produksi pangan nasional. 

"TNI AD berperan besar mendukung ketahanan pangan antara lain mendukung penyiapan lahan, cetak sawah baru, penyediaan atau distribusi prasarana dan sarana produksi, pendampingan, pengawalan kepada petani serta penyediaan atau distribusi produk melalui program TNI Manunggal Membangun Desa," kata Mentan pada apel pimpinan teritorial TNI AD di Bandung, Provinsi Jawa Barat pada yang dihadiri Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono, Senin (14/11/2016) lalu. 

Tampak hadir Asisten Teritorial Kasad, Mayjen TNI Komarudin Simanjuntak, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementan Suwandi; Tenaga Ahli Menteri, Sam Herodian; para panglima komando daerah militer (Kodam), para komandan komando resort militer (Korem) dan para komandan komando distrik militer (Kodim). 

"Sinergi dengan TNI AD ini luar biasa, karena didukung oleh 51 ribu personel Babinsa di seluruh Indonesia untuk mendukung upaya khusus peningkatan produksi pangan," kata Mentan. 

Penghargaan Mentan Amran

Kasad Jenderal TNI Mulyono mengumpulkan para Dandim dan Danrem dari seluruh Indonesia di Pusat Pendidikan Secapa TNI AD di Bandung.

"Situasi keamanan Indonesia saat ini sedang memanas tapi di sisi lain TNI AD mendapat apresiasi dari masyarakat karena banyak hal yang dilakukan TNI sehingga mendapat apresiasi dan elektabilitas tinggi, termasuk dukungan TNI AD di sektor pertanian," kata Jenderal TNI Mulyono. 

Mentan Amran Sulaiman mengapresiasi pada dukungan TNI AD kepada Kementan untuk mendukung peningkatan produksi pangan nasional. 

"Saya mengucapkan terimakasih pada TNI AD atas pendampingannya selama ini. Poin pentingnya bahwa tingkat produksi meningkat signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Berkat TNI AD sekarang sudah terlihat hasil peningkatan produksi padi, jagung, cabai dan bawang," kata Mentan. 

Dia berharap kerjasama Kementan dan TNI AD dapat dilanjutkan dan ditingkatkan untuk mencapai swasembada pangan dan terwujudnya ketahanan pangan yang turut menjadi penentu keamanan nasional.(p/mk)